Jadwal Puasa Ramadhan 2017

Jadwal puasa ramadhan 2017 ini telah resmi di rilis oleh pemerintah pusat. Dalam hal ini yang berkepentingan dan berkewajiban untuk menentukan jadwal puasa ramadhan dan jadwal imsyak adalah departemen agama. Mengenai hal itu mari kita baca beberapa hal yang berhubungan dengan puasa ramadhan 2017 ini.

Berdasarkan keputusan dan hasil sidang isbat Muhammadiyah dengan NU akhirnya mencapai keputusan yang sama. Karena ditemukan perhitungan hisab yang sama. Tentunya dengan kebersamaan ini antara Muhammadiyah dan NU akan melakukan hari kemerdekan idul fitri bersama pula

Seperti kita ketahui bahwa kalau saja antara NU dan Muhammadiyah masih terjadi perbedaan dalam menentukan hasil hisab dan menentukan jadwal puasa. Maka yang paling terasa adalah rakyat menengah ke bawah. Ekonomi dan sosial pasti bergejolak kembali.
Dalam menentukan awal puasa bulan Ramadhan, di negara kita ini digunakan 2 cara perhitungan. Yaitu yang pertama adalah metode hisab hakiki wujudul hilal dan yang kedua adalah metode hisab hakiki wujudul hilal. Biasanya metode yang pertama sering digunakan oleh ormas dan muhammadiyah.
Sedangkan metode rukyatul hilal biasa digunakan oleh warga NU, pemerintah, dan NU. Metode perhitungan dan derajatnyalah yang membedakan antara kedua metode tersebut.
Kedua metode untuk menentukan jadwal awal puasa ramadhan tersebut memang benar semuanya. Jadi, jangan saling menyalahkan dan saling membenarkan. Apalagi merendahkan yang lain, jangan ya bapak ibu.
Dan berikut adalah jadwal puasa ramadhan 2017 NU dan Muhammadiyah jatuh pada hari sabtu tanggal 27 mei 2017. Ini artinya 1 ramadhan 1438 H jatuh pada hari sabtu 27 mei 2017 tersebut berdasarkan keputusan bersama.
  1. Awal puasa Muhammadiyah : Sabtu, 27 Mei 2017
  2. Jadwal puasa NU : Sabtu, 27 Mei 2017
  3. Puasa Kemenag RI / Pemerintah (Sidang Isbat) : Sabtu, 27 Mei 2017
Pada puasa ramadhan tahun lalu untuk memulai awal puasa kita harus menunggu dan standby di depan televisi menunggu hasil sidang isbat. Akan tetapi nampaknya tahun 2017 ini tidak akan seperti itu. Karena sudah ditemukan hasil yang sama pada perhitungan dengan metode yang berbeda.
utuk lebih jelasnya silahkan unduh filenya Unduh jadwal puasa ramadhan dan imsakiyah 2017

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jadwal Puasa Ramadhan 2017"

Post a Comment